PERBEDAAN PERSPEKTIF KONSUMEN BERDASARKAN GENDER TERHADAP NIAT BELI PRODUK ASING

Julina ' ', Desrir Miftah '

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen terhadap
citra perusaahaan dan niat beli. Selain itu, penelitian ini juga berusaha mengidentifikasi apakah
citra perusahaan mempengaruhi niat membeli produk asing. Citra perusahaan didefinisikan sebagai
gambaran mentalyang munculpada saatnamaperusahaan disebutkan. Sementara niat membeli
merupakan kemungkinan konsumen akan merencanakan atau bersedia membeli produk atau jasa
tertentu di masa yang akan datang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Sampel
diambil menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kue-
sioner dan selanjutnya diolah menggunakan SPSS 19. Untuk menguji perbedaan persepsi citra
perusahaan dan niat membeli berdasarkan gender digunakan Manova, sementara untuk menguji
pengaruh citra perusahaan terhadap niat membeli digunakan regresi sederhana. Hasil penelitian
membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan persepsi antara pria dan wanita dalam citra peru-
sahaan dan niat membeli produk asing. Selain itu, ditemukan pula bahwa citra perusahaan ber-
pengaruh positif terhadap niat membeli produk asing. Berdasarkan temuan ini, manajer diharapkan
dapat terus meningkatkan citra perusahaan dimata semua pihak karena akan mempengaruhi ke-
suksesan perusahaan di masa mendatang.


Kata Kunci: citra perusahaan, niat membeli, produk asing, gender


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.