SEKOLAH CERDAS UNTUK PENDIDIKAN ANAK MARJINAL

Asril '

Abstract


‘Pendidikan untuk semua’ sepertinya belum menjamah kaum marjinal secara keseluruhandi Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kehadiran Sekolah Cerdas sekolah bagikaum marjinal di Pekanbaru. Kajian ini juga bertujuan mengungkap kegiatan akademiknya, termasuksumberdaya yang dimiliki sekolah ini seperti keuangan dan guru. Data diperoleh denganmenggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi, dari para narasumber terkait, sepertipemerintah (Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru), pimpinan Sekolah Cerdas, guru, orangtua, dansiswa. Data kemudian dianalisis secara deskriptif menurut kategorisasi dan konteksnya. Hasilpenelitian menemukan bahwa Sekolah Cerdas yang telah berlangsung sejak tahun 2007 menunjukkanpeningkatan jumlah siswa; di awali dengan 37 siswa menjadi 62 siswa di tahun 2014.Angka-angka itu sekaligus menjadi bukti kecil bahwa kehadiran Sekolah Cerdas mampu mengakomodasikebutuhan pendidikan bagi kaum marjinal. Sebaliknya di sisi lain, angka tersebutdapat dijadikan bukti kecil bertambahkan anak marjinal jika tidak ingin disebut sebagai alarm bagiaspek pembangunan.

Kata Kunci: pendidikan, sekolah cerdas, anak marjinal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.