ARTIKULASI PERSEPSI DAN PREFERENSI PEMANFAATAN BIRO JODOH OLEH PEREMPUAN

Nur Laila Meilani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji dua hal; bagaimana persepsi dan preferensi perempuan di
Pekanbaru tentang pemanfaatan biro jodoh di media massa (offline); dan bagaimana kemudian tindakan
sosial ini bergeser ke arah pemanfaatan biro jodoh online, yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi
komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ditentukan secara
accidental untuk menjaring data dan informasi yang terkait dengan preferensi dan persepsi perempuan
tentang manfaat biro jodoh offline, sedangkan fokus pemanfaatan biro jodoh online, data dijaring
dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rubrik jodoh ini sudah bukan rahasia
umum bagi para pencari jodoh. Menariknya, seiring dengan berkembangnya ‘masyarakat informasi’,
pemanfaatan rubrik jodoh di media massa tidak lagi digemari hanya oleh kaum perempuan.


Kata Kunci: biro jodoh, perempuan, persepsi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.